Beranda » Alam » Daftar Tempat Wisata di Jogja yang Sudah Buka New Normal

Libur panjang telah tiba, kamu bisa memanfaatkannya dengan mengunjungi sejumlah tempat wisata menarik di Yogyakarta. Jika berencana mengunjungi Yogyakarta dalam waktu dekat, berikut daftar 10 tempat wisata di Yogyakarta yang sudah buka saat ini yang telah Kompas rangkum, Jumat (21/8/2020). Perlu dicatat bahwa sebelum berkunjung, pastikan kamu telah paham dan akan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Berikut catat daftar tempat wisata di Yogyakarta yang sudah buka kembali di era New Normal

1. Agrowisata Bhumi Merapi
Berlokasi di Jalan Kaliurang KM 20, Sawangan, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman ini sudah dibuka kembali sejak 28 Juli 2020. Di Agrowisata Bhumi Merapi, wisatawan bisa melakukan wisata selfie di berbagai spot Instagramable yang telah disediakan seperti gang dengan bangunan warna-warni. Ada juga area yang menyerupai sebuah daerah di Inggris yang lengkap dengan susunan batu bata bergaya khas Eropa dan telepon umumnya.

Agrowisata Bhumi Merapi buka setiap hari mulai pukul 08:30 – 17:00 WIB. Tiket masuknya adalah Rp 25.000 per orang.

2. Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung sudah dibuka kembali sejak 1 Agustus. Lokasinya berada di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan indah yang bisa dilihat dari beberapa gardu pandang Instagramable. Selain bisa melihat matahari terbit dari atas awan, pengunjung juga bisa berswafoto ria dengan latar belakang perbukitan dan hutan-hutan yang masih asri. Lihat Foto Spot foto kuda terbang di Bukit Panguk, Bantul.

Jam operasionalnya adalah Selasa–Minggu mulai pukul 04:00 – 16:00 WIB.

3. Gerbang Banyu Langit
Tempat wisata ini sudah dibuka untuk jumlah wisatawan terbatas sejak 12 Juli dengan jam operasional mulai pukul 07.00–21.00 WIB. Selama berkunjung ke sana, wisatawan bisa menikmati berbagai kegiatan wisata seperti bermain di sudut Sungai Opak seperti ayunan atau ban karet. Wisatawan juga bisa berfoto di ikon tempat wisata tersebut yakni menara bambu yang memiliki tiga lantai. Kedua menara saling dihubungkan dengan jembatan.

Para pengunjung bisa berfoto di masing-masing lantai, juga di jembatan penghubung yang memiliki tulisan Gerbang Banyu Langit. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Bintaran Kulon, Kecamatan Piyungan, Bantul.

4. Goa Kalisuci
Goa Kalisuci yang berlokasi di Dusun Jetis Wetan, Kelurahan Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Tempat wisata tersebut telah dibuka kembali sejak 30 Juni untuk jumlah yang terbatas. Di sana, wisatawan bisa melakukan kegiatan wisata cave tubing sekitar 1,5 jam mengarungi sungai.

Harga untuk melakukan cave tubing adalah Rp 120.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 250.000 untuk wisatawan mancanegara (wisman).

5. Grojogan Watu Purbo
Tempat wisata yang terkenal akan air terjun enam tingkatnya ini terletak di Dukung Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Saat berkunjung ke sana, wisatawan bisa berswafoto ria berlatar belakang air terjun ikonik tersebut. Tepat di bawah air terjun terdapat beberapa bebatuan besar yang bisa dijadikan sebagai tempat duduk. Setiap tingkat dapat ditelusuri oleh wisatawan. Jika ingin melihat air terjun dari sisi lain, kamu bisa menghampiri jembatan dekat air terjun, atau dari tepi kolam air yang dipenuhi rerumputan.

6. Pantai Baron
Pantai Baron sudah dibuka kembali sejak 24 Juni. Jam operasionalnya adalah setiap hari mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB dengan harga tiket Rp 10.000 per orang. Saat tiba di sana, wisatawan bisa bermain air atau berkunjung ke sekitar mercusuar yang berada di atas bukit. Dari area sekitar mercusuar, kamu akan disuguhi pemandangan laut lepas yang indah.

Jika lapar, kamu tidak perlu khawatir karena sejumlah warung sudah beroperasi kembali dan menyajikan olahan ikan dan hasil laut lainnya yang masih segar. Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

7. Tebing Breksi
Tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman sudah dibuka kembali sejak 14 Juli. Jika berlibur ke sana, wisatawan bisa berkunjung ke Tlatar Seneng untuk melihat berbagai batuan breksi yang memiliki bentuk dan corak yang unik. Tebing Breksi yang dulunya merupakan bekas pertambangan memiliki beberapa spot Instagramable. Kamu juga bisa menaiki beberapa tebing melalui anak tangga yang telah disediakan.

Paket Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Tebing Breksi buka setiap Selasa – Minggu mulai pukul 06:00 – 20:00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 5.000 per orang.

8. Taman Pintar
Taman Pintar sudah dibuka kembali sejak 8 Juli setiap Rabu – Minggu mulai pukul 08:00 – 15:00 WIB. Lokasinya di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3, Yogyakarta. Sejumlah wahana yang sudah bisa digunakan antara lain adalah Oval Kotak bagi yang ingin belajar sains, Planetarium, Bahari jika ingin menaiki mini boat, dan Kampung Kerajinan.

9. Kalibiru
Selama new normal, wisatawan yang berlibur di Yogyakarta sudah bisa berkunjung ke kawasan wisata Kalibiru. Di sana, pengunjung akan menemukan sejumlah spot Instagramable. Salah satunya adalah spot yang letaknya tidak terlalu jauh dari pintu masuk kawasan wisata.

Lihat Foto Wisata Kalibiru di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika berkunjung ke spot tersebut, kamu bisa berfoto dengan pemandangan Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh di latar belakang. Selain berfoto-foto, wisatawan juga bisa menelusuri jalan di sepanjang bukit sambil menikmati pemandangan. Kalibiru berlokasi di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

10. Museum Gunungapi Merapi
Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman sudah dibuka kembali sejak 8 Agustus. Di sana, wisatawan bisa melihat berbagai koleksi seputar Gunung Merapi serta informasi terkait yang disajikan secara menarik. Satu hal yang unik dari museum ini adalah kamu bisa mengakses seluruh informasi hanya dengan memindai kode QR yang terletak di setiap pojok koleksi. Museum Gunungapi Merapi buka setiap Selasa – Kamis dan Sabtu – Minggu mulai pukul 08:00 – 15:00 WIB. Sementara pada Jumat mulai pukul 08:00 – 14:00 WIB.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

Sumber: Kompas
Penulis : Nabilla Ramadhian
Editor : Anggara Wikan Prasetya

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.