Saturday, December 16, 2017
Home > Malam > Tugu Jogja, Landmark Spot Terbaik Kota Yogyakarta

Tugu Jogja, Landmark Spot Terbaik Kota Yogyakarta

JOGJASPOT.COM – Tugu Jogja merupakan sebuah ikon kota atau landmark  terpopuler menjadi tujuan wisata maupun spot foto terbaik  sebagai bukti kita pernah singgah di Kota Yogyakarta. Pada masa penjajahan Belanda Tugu Jogja ini lebih terkenal dengan sebutan white paal (tugu putih), sedang masyarakat menyebutnya Tugu Pal Putih dan Tugu Golong Gilig. Hal itu tidak terlepas dari ciri-ciri fisik bangunan yang berwarna putih.

Tugu Jogja, Landmark Spot Terbaik Kota Yogyakarta

Tugu Jogja bukanlah tugu sembarang yang dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I yang mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan Laut Selatan, Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi, sehingga menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki kota Jogja.

Tugu Jogja menjadi primadona untuk dikunjungi wisatawan dari domestik maupun mancanegara yang terletak di pusat kota, lebih tepatnya berada di tengah perempatan yang membagi 4 ruas jalan. Sebelah timur merupakan Jalan Jendral Sudirman, sisi barat merupakan Jalan Diponegoro, sebelah utara merupakan Jalan AM Sangaji serta sebelah selatan merupakan Jalan Mangkubumi. Selain keuntungan tidak dipungut biaya masuk, Tugu Jogja dapat menampilkan keindahannya bagi para Spoters dalam hunting foto.

 

Indahnya Tugu Jogja di Malam Hari
Landmark Spot menarik Tugu Jogja tidak hanya di siang hari, pada malam hari selepas jam 10 malam Spoters akan menemukan banyak wisatawan berkumpul memainkan seni fotografi. Memilih jam malam, selain berkurangnya volume kendaraan yang melintasi simpang empat ini juga untuk keselamatan pengunjung sendiri dan pengendara yang melewati .

 

Sunrise Tugu Jogja  Yang Tak Kalah Memukau
Datang pagi buta sembari menghirup segarnya udara di tengah kota. Siapkan kamera dan bersiaplah menemukan spot berfoto dengan latar belakang Tugu Jogja dengan terpaan sinar mentari pagi berbenar di langit-langit kota berhati nyaman ini. Selain Tugu yang tentunya spot wajib untuk dikunjungi adalah Diorama Tugu Golong Gilig yang berjarak sejengkal saja di sebelah tenggara. Lokasi ini telah dibuka untuk khalayak. Diorama ini memberikan pengetahuan tentang sejarah dan makna dari Tugu Jogja yang berdiri hingga menjadi ikon kota Jogja.

Sunrise Tugu Jogja Yang Tak Kalah Memukau

Selesai menikmati suasana Tugu Jogja di pagi hari mulailah perjalanan ke arah selatan dan sempatkan sarapan dengan deretan kuliner sarapan seperti nasi kuning, bubur ayam dan soto dan lanjutkan perjalanan dengan menikmati teduhnya trotoar Jalan Pangeran Mangkubumi oleh gedung-gedung tua peninggalan zaman perjuangan, walau sebagian telah menjadi gedung perkantoran dan hotel-hotel berbintang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *