Beranda » Alam » Romantisme Spot Wisata Hutan Mangrove Congot

JOGJASPOT.COM – Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata paling terkenal di Indonesia dengan kekayaan daya tariknya mulaipantai, gunung, candi, hingga bangunan bersejarah ada di kota Gudeg ini. Bisa dibilang paket wisata di Jogja sangat komplit.

Kulon progo adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta di sebelah barat Kota Jogja. Setelah hits dengan Kalibiru, kini Kulonprogo punya satu lagi tempat wisata baru. Hutan Mangrove Kulonprogo baru-baru ini menjadi salah satu primadona baru tujuan wisata Jogja. Hutan yang terletak di Pantai Congot, dusun Pasir Mendit, jangkaran, Kulonprogo ini menawarkan romantisme alam.

Romantisme Spot Wisata Hutan Mangrove Congot

 

Tanaman Mangrove sejatinya digunakan sebagai konservasi dan pencegahan abrasi yang sudah dikembangkan tahun 1989 secara bertahap. Kini dengan semakin ramainya Hutan Mangrove Congot ini pengelola berharap dapat memberikan wisata baru bernuansa edukatif bagi para pengunjung untuk melestarikan kawasan pantai dengan menanami Mangrove. Meski demikian banyak yang menyayangkan kawasan ini dibuka untuk umum karena di satu sisi dapat merusak ekosistem jika para pengunjung tidak sadar akan pentingnya hutan mangrove.

Hutan Mangrove di Congot Kulon Progo merupakan satu satunya yang dibuka untuk akses wisata dan menyuguhkan sesuatu yang berbeda karena jarang sekali ditemui di pesisir selatan. Panorama pemandangan alam Hutan Mangrove ini ada di sepanjang tepian dengan jembatan bambu yang memanjang ditepinya, dan juga menelusup kedalam Hutan tertata apik.

Romantisme Spot Wisata Hutan Mangrove Congot

Meski terbilang baru, sejumlah sarana dan prasarana pendukung seperti kamar mandi, serta lokasi parkir baik roda dua maupun roda empat sudah tersedia di objek wisata alam ini. Sejumlah lapak bangunan semi permanen, berupa warung-warung makan juga sudah nampak banyak berdiri disekitarnya.

Rute Menuju Wisata Hutan Mangrove

Dari Yogyakarta, pengunjung dapat melawati Jalan Raya Wates-Purworejo dengan mengikuti penunjuk arah menuju pantai Congot. Sesampai di Jalan Raya Dendels, pengunjung masih harus terus ke barat hingga melalui jembatan sungai Bogowonto. Sekitar seratus meter dari jembatan sungai Bogowonto, pengunjung hanya tinggal masuk ke arah selatan menuju pantai mengikuti petunjuk yang telah ada.

Meski masih dalam satu kawasan dengan pantai Congot, lokasi hutan mangrove ini memang berada di sisi sebelah barat sungai Bogowonto. Sementara pantai Congot sendiri berada di sisi sebelah timur sungai Bogowonto.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!
RESPON CEPAT 24 JAM