Saturday, December 16, 2017
Home > Air > Kedung Pedut Water Park Alami dan Air Terjun Dua Warna

Kedung Pedut Water Park Alami dan Air Terjun Dua Warna

JOGJASPOT.COM – Kedung Pedut destinasi tempat wisata alam yang terletak di Kulon progo menawarkan spot
water park, waterfall alami, air terjun dan telaga dua warna. yang belum banyak diketahui oleh
wisataan dan mungkin pada spoters juga belum mengenalnya. Berbeda dengan beberapa tempat
wisata sebelumnya yang sudah ramai dikenal sebelumnya, seperti Kalibiru, Waduk Sermo atau
Goa Kiskendo Kedung Pedut menawarkan sungai alami dengan warna yang berbeda dan bebatuan
yang terlihat asri disampingnya. Wisata Kedung Pedut tidak mau kalah dengan wisata-wisata
lainnya, melalui media sosial dan web informasi wista Jogja, kini wisata Kedung Pedut
menjadi salah satu tujuan wisata yang dikenal di kalangan spoters yang rajin bermain
instagrame, path dan media sosial lainnya.

Yang menarik dan berbeda kedung alami ini pada saat-saat tertentu air terlihat memiliki 2
warna. Penasaran dengan tempat wisata unik yang satu ini, mari kita cari tahu lokasi dan
rute menuju Kedung Pedut Yogyakarta.

Kedung Pedut Water Park Alami dan Air Terjun Dua WarnaKedung Pedut Water Park Alami dan Air Terjun Dua Warna

Air terjun dua warna Kulonprogo itulah sebutan beberapa orang terhadap air terjun ini,
memang bila anda berkunjung ke tempat ini pada waktu-waktu tertentu, anda dapat melihat
warna yang berbeda pada aliran air yang berada di bagian sisi tengah. Terdapat 2 warna
yang dihasilkan yakni hijau tosca dan putih jernih. Hijau tosca adalah air yang berada di
bagian sisi tengah dari sungai atau kedung sedangkan warna putih adalah air yang
dihasilkan dari tempat jatuhnya air dari air terjun atau grojogan di sisi bagian atas
kedung. Beberapa beranggapan bahwa hijau tosca yang dihasilkan dikarenakan adanya batuan
kapur yang mengendap di dasar sungai atau di sisi bagian bawah aliran air. Hal ini tidak
bisa anda jumpai jika berkunjung saat musim hujan, karena aliran air akan berubah menjadi
keruh dan warna hijau tosca yang biasa dapat kita jumpai akan berubah menjadi kecoklatan
akibat adanya endapan lumpur yang dibawa oleh aliran air.

Kedung Pedut Saat Musim Kemarau
Dikarenakan debit air saat musim kemarau menurun, menjadikan Air Terjun Kedung Pedut salah
satu wisata alam musiman. Sehingga, perlu waktu yang tepat untuk mendapatkan spot tebaik.
Tips dari kami adalah datanglah pada musim hujan. Namun, jangan saat waktu hujan turun
karena selain airnya keruh, medan yang dilalui menjadi sangat sulit.

Kedung Pedut Water Park Alami dan Air Terjun Dua Warna Kedung Pedut Water Park Alami dan Air Terjun Dua Warna

Peta Rute Lokasi Kedung Pedut
Untuk menuju lokasi Air Terjun Kedung Pedut dari kota Jogja melalui jalur menuju jalan
Godean lurus ke arah Barat, sampai perempatan ring road barat, Demak Ijo terus ikuti
melewati Pasar Godean hingga ke perbatasan Kulon Progo. Melalui jembatan besar ke
perempatan Nanggulan, Pasar Kenteng dan sesampai Tanjakan menuju Pegunungan Menoreh di
pertigaan ambil arah kanan atau arah ke Goa Kiskendo. Melewati Pasar Jonggrangan dan Goa
Kiskendo. Setelah itu ada pertigaan ambil kiri hingga ketemu Pertigaan Grojogan Muda lalu
ambil kiri lagi. Setelah itu akan ada plang Air terjun Kembang Soka, namun bukan itu yang
akan kita tuju masih terus lurus mengikuti jalan. Setelah kamu akan menemukan pertigaan
ambil kiri, dan ikutilah plang yang akan memandu para spoters & traveler menuju Air Terjun
Kedung Pedut.

Spot wisata Kedung Pedut terletak di pinggiran desa, setelah sampai di Dusun Kembang
spoters harus menitipkan kendaraan di salah satu rumah penduduk (tempat parkir) kemudian
menyusuri jalan setapak dengan pemandangan alam sekitar yang masih sangat alami akan