Saturday, December 16, 2017
Home > Air > Cave Tubing, Rafting Susur Goa Pindul Gunung Kidul

Cave Tubing, Rafting Susur Goa Pindul Gunung Kidul

Cave Tubing, Rafting Susur Goa Pindul Gunung Kidul

JOGJASPOT.COM – Gunungkidul merupakan Kabupaten dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan wilayah gersang dan selalu kekeringan di musim kemarau. Namun kini Gunungkidul yang dulunya memprihatinkan kini berubah dengan kekayaan destinasi wisata air favorit untuk piknik di Jogja mulai menggeser posisi Kabupaten lainya. Kini, Gunungkidul suguhkan objek wisata yang siap dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu wisata air yang siap membuat kamu melongo kagum adalah Gua Pindul. Goa Pindul merupakan objek wisata di Jogja yang menawarkan pengalaman berwisata di air juga goa. Gua Pindul di Gunungkidul diresmikan menjadi tempat wisata pertama kali pada tahun 2010. Walau baru beroperasi menjadi objek wisata, Gua Pindul telah menyedot banyak animo dari masyarakat. Hal tersebut dipengaruhi oleh keunikan dan keindahan Gua Pindul itu sendiri.

Legenda Sejarah Goa Pindul Gunung Kidul
Nama Gua Pindul berasal dari cerita masyarakat setempat tentang seorang pengelana yang mencari ayahnya, yaitu Joko Singlulung. Tokoh tersebut pernah mengunjungi goa tersebut untuk mencari ayahnya, namun dalam perjalannya menyusuri goa, kepala Joko Singlulung terbentur oleh stalaktit yang menggantung di atap gua. Oleh sebab itu dinamai dengan Gua Pindul, ‘Pindul’ berasal dari singkatan bahasa Jawa ‘Pipi Gebendul’ yang artinya dalam Bahasa Indonesia adalah ‘Pipi Yang Terbentur’.

Terlepas dari kisah sejarah legenda tersebut, Gua Pindul secara alami gua tersebut dialiri oleh air yang bersumber dari tujuh mata air yang berbeda-beda. Panjang dari Goa Pindul adalah 350 meter dan lebar 5 meter. Membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menyusuri goa tersebut.

Paket Wisata di Goa Pindul Gunungkidul
Untuk menyusuri Goa Pindul atau Cave Tubing, kamu dapat menggunakan perlengkapana seperti pelampung ban, jaket pelampung, sepatu karet dan tentu saja alat penerangan berupa head lamp yang disediakan oleh pengelola. Pengelola Goa Pindul akan dengan senang hati memandu wisatawan untuk menyusuri goa.

Tiket Masuk dan Lokasi Goa Pindul Bejiharjo
Goa Pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jalan ke Goa Pindul melalui jalan utama Jogja – Wonosari. Berikut rute perjalanannya:

Yogyakarta – Jl. Wonosari – Hutan bunder (jalan berliku-liku dan menanjak) – Lapangan terbang Gading (kiri jalan) – Wonosari kota – Bunderan Siyono (bunderan dengan air mancur): belok kiri – ikuti jalan utama – Pertigaan dengan tugu di tengah jalan: belok kiri.

Adapun tiket wisata Goa Pindul sebagai berikut:

1 Biaya retribusi perorang Rp 10.000,00 (2016)
2 Jasa pemandu Termasuk Paket
3 Perlengkapan Termasuk Paket
4 Asuransi Termasuk Paket
5 Biaya perorang (Wisatawan lokal) Rp 35.000,00 (2016)
6 Biaya perorang (Wisatawan Mancanegara) Rp 50.000,00 (2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *