Saturday, December 16, 2017
Home > Belanja > Berburu Fashion Kulit di Sentra Kerajinan Kulit Manding Bantul

Berburu Fashion Kulit di Sentra Kerajinan Kulit Manding Bantul

Berburu Fashion Kulit di Sentra Kerajinan Kulit Manding Bantul

JOGJASPOT.COM – Yogyakarta juga memiliki sentra industri kulit yang banyak dikenal oleh mancanegara. Manding merupakan salah satu kawasan sentra produksi kerajinan kulit yang sangat terkenal di Bantul, kabupaten paling selatan di Jogja sejak tahun 1957.

Beragam kerajinan mulai sepatu, tas, sendal, jaket, ikat pinggang, topi, dompet, serta berbagai aksesoris yang terbuat dari kulit seperti, gantungan kunci, gelang, kalung dan pigura, dapat kamu temukan di sini. Desa Wisata Manding, saat ini terdapat sekitar 42 rumah rumah produksi, dan 48 showroom penjualan kerajinan kulit. Showroom tersebut berjajar rapi sepanjang jalan di desa Manding dengan mudah akan kita temukan berbagai macam kerajinan yang terpajang apik di setiap etalase toko. Produk asli Manding terbuat dari kulit asli sehingga terkenal awet dan tentunya nyaman. Kerajinan kulit Manding tidak hanya dipasarkan di desa tersebut tetapi juga dipasarkan hampir di seluruh wilayah Indonesia, bahkan banyak juga yang dikirim ke luar negeri.

Saat ini, selain memproduksi barang-barang dari kulit, masyarakat Manding juga membuat barang kerajinan dari eceng gondok, pandan, serat alam, dan bahan sintetis.
Lokasi Wisata Belanja Sentra Kerajinan Kulit Manding

Akses menuju Manding sangat mudah. Bila dari arah kota Jogja silahkan kearah selatan mengikuti Jalan Parangtritis. Sesampainya di kilometer 11 akan ada perempatan lampu merah yang disebelah kanannya sebuah gerbang besar menghadap ke arah timur Jalan Parangtritis. Setelah memasuki gerbang, Anda akan menemukan berbagai toko yang menyediakan beragam barang menarik yang terbuat dari kulit.

Perjalanan kesana bisa ditempuh dengan kendaraan umum dari kota Jogja, melalui terminal Giwangan carilah bus kecil jurusan jogja-parangtritis, kira-kira ongkos sekali jalan Rp 5000, atau bisa dengan menggunakan taksi Rp 50.000 dari pusat kota jogja.

Dan menggunakan kendaraan pribadi sewa mobil wisata akan lebih leluasa mengatur waktu, tidak terikat jam angkutan kendaraan yang ada. Menariknya, di beberapa toko juga melayani proses tawar-menawar. Kapan lagi belanja barang di Jogja berbahan kulit asli kalau bukan di sini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *