Saturday, December 16, 2017
Home > Malam > Alun-Alun Kidul Keraton Yogyakarta dan Mitosnya

Alun-Alun Kidul Keraton Yogyakarta dan Mitosnya

Alun-alun Kidul Keraton Yogyakarta dan Mitosnya

JOGJASPOT.COM – Alun-alun Kidul (Alkid) atau Alun-alun Selatan Keraton Yogyakarta dikenal sebagai tempat istirahat bagi para Dewa dalam sebuah mitos jawa. Oleh karena itu alun-alun tersebut sekarang ini banyak digunakan orang sebagai tempat ngleremke (menentramkan) ati (hati) banyak orang.

Alun-alun Kidul Keraton Yogyakarta dan Mitosnya

Dalam sejarah kerajaan, Alun-alun kidul banyak digunakan untuk agenda keraton  seperti latihan ketangkasan prajurit, selain itu digelar latihan masangin, latihan konsentrasi dengan berjalan diantara dua pohon beringin (ringin kurung) yang berada di tengah lapang dengan kondisi mata tertutup. Sampai saat ini kegiatan ini masih banyak dilakukan. Namun bukan dilakukan oleh prajurit. Mitos beringin kembar di Alun-alun Kidul tak pernah memuaskan rasa penasaran pelancong. Siang atau malam, wisatawan selalu diliputi rasa penasaran ingin memecahkan misteri pohon beringin kembar yang tumbuh lebat di Alun-alun Kidul.  Traveler bergantian berjalan melewati dua pohon beringin kembar tersebut.

 

Lesehan, Angkringan dan Wedang Ronde Hangatkan Suasana Malam 

Selain memecahkan mitos ini banyak pelancong dan orang asli Yogya memadati setiap sudut alun-alun, duduk bergerombol, nongkrong bersama teman dan kerabat, bercengkrama dan menghabiskan waktu dengan berbagi cerita dan kuliner malam yang khas jogja sepeti angkringan, sekoteng dan wedang ronde untuk menghangatkan suasana.

Alun-alun Kidul Keraton Jogja Malam

Walaupun sudah banyak perubahan fungsi dari Alun-alun Kidul, setidaknya ada satu hal yang tidak berubah yaitu tetap mampu menjadi tempat untuk menenangkan, menentramkan hati. Sebagai salah satu ikon kota sebagaimana Tugu Jogja, Malioboro, Keraton dan Tamansari yang merupakan salah tujuan wisata favorit wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *