Saturday, December 16, 2017
Home > Wisata > 7 Spot Wisata Candi Terbesar di Yogyakarta

7 Spot Wisata Candi Terbesar di Yogyakarta

7 Spot Wisata Candi Terbesar di Yogyakarta

Candi candi merupakan peninggalan sejarah dari masa kerajaan hindu dan budha. Bangunan yang terdiri dari tiga bagian, yaitu kaki, tubuh, dan atap. Pada candi Hindu biasanya terdapat arca perwujudan tiga dewa utama dalam ajaran Hindu. Tiga dewa itu adalah Brahma, Wisnu, dan Syiwa. Pada dinding candi terdapat relief, yaitu gambar timbul menggambarkan kisah/cerita yang biasanya dibuat dengan cara memahat.

Candi menjadi pilihan spot wisata yang sangat populer para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Adapun beberapa candi yang berukuran besar diantaranya sebagai berikut,

1. Candi Prambanan
Candi Prambanan pastinya merupakan salah satu ikon dari Yogyakarta. Wisata ini adalah salah satu wisata yang populer di Yogyakarta. Masih banyak orang yang mengira Candi Prambanan terletak di Provinsi DIY. Sebenarnya secara administratif wilayah wisata Candi Prambanan ini berada di dua provinsi yaitu di Provinsi Yogyakarta dan juga Provinsi Jawa Tengah. Candi Prambanan berlokasi di Kabupaten Sleman. Candi Prambanan yang merupakan peninggalan dari agama Hindu ini dibangun pada abad ke-9.

Candi Prambanan - 7 Spot Wisata Candi Tercantik di Yogyakarta

UNESCO sudah menetapkan Candi Prambanan sebagai situs warisan dunia. Terdapat 5 candi utama dan reruntuhan candi pasca gempa bumi yang bisa kamu lihat disini. Legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso juga bisa kamu pelajari disini. Jangan lupa untuk melihat patung Roro Jonggrang di dalam salah satu candinya, ya.

2. Candi Boko
Saat mengunjungi Candi Prambanan, jangan lupa untuk mampir ke Candi Boko yang terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Berkat film Ada Apa Dengan Cinta? 2, Candi Boko menjadi tempat wisata Sleman yang semakin populer. Tentunya kalian masih ingat kan adegan saat Rangga mengajak Cinta jalan-jalan menglilingi Yogyakarta? Nah, salah satu tempat yang mereka kunjungi adalah Candi Boko. Candi Boko ini, menurut mitos, dulunya merupakan bekas kerajaan Raru Boko. Ratu Boko adalah ayah Roro Jonggrang. Wilayah Candi Boko ini cukup luas, jadi kamu harus siapkan energi untuk mengelilinginya. Disini kamu bisa melihat candi dan juga bekas reruntuhannya. Situs Ratu Boko pernah dijadikan sebagai benteng pertahanan, maka jangan heran jika kamu menemui beberapa kerusakan di puing-puing Situs Ratu Boko.
Berada di sebelah selatan Candi Prambanan, bertengger dengan anggun Candi Ratu Boko. Kompleks candi ini memiliki luas sekitar 25 hektar. Bentuk Candi Ratu Boko terlihat berbeda dengan candi-candi lainnya. Candi ini lebih mirip seperti bekas bangunan keraton.

Candi Boko - 7 Spot Wisata Candi Tercantik di Yogyakarta

Tidak hanya untuk melihat keindhan asitektur alami Ratu Boko, di lokasi ini wisatawan bisa menyaksikan sunset yang menawan. Di sini pelancong akan ditawarkan paket untuk melihat senja mulai pukul 16.00 sampai matahari benar-benar tenggelam di ufuk barat.

3. Candi Kalasan
Candi Kalasan juga dikenal dengan Candi Kalibening yang termasuk jajaran candi tua di Yogya. Walaupun lokasi Candi Kalasan masih dekat dengan Candi Prambanan, namun Candi Kalasan masih belum populer dan belum banyak dikunjungi. Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya sekitar 16 km ke arah timur dari kota Yogyakarta. Dalam Prasasti Kalasan dikatakan bahwa candi ini disebut juga Candi Kalibening, sesuai dengan nama desa tempat candi tersebut berada.

Candi Kalasan - 7 Spot Wisata Candi Tercantik di Yogyakarta

Jika kamu sudah bosan dengan wisata Candi Prambanan, tak ada salahnya untuk mampir ke Candi Kalasan yang tak kalah bagusnya dengan Candi Prambanan. Malahan kamu bisa menikmati suasana yang santai karean tidak banyak orang disini. Candi yang merupakan peninggalan dari agama Budha ini adalah candi tertua di Yogyakarta, dan menjadi salah satu wisata Sleman yang eksotis.

4. Candi Ijo
Masih berlokasi di dekat wisata Candi Prambanan, Candi Ijo yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, ini bisa dijadikan alternatif pilihan untuk wisata candi. Candi ini mirip dengan candi yang dibangun pada abad 7-8 Masehi dan diperkirakan Candi Ijo dibangun dalam periode waktu yang sama.

Berjalan sekitar 18 km ke sebelah timur Yogyakarta, kamuĀ akan menemukan sebuah candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Ya, Candi Ijo menjadi nama untuk kompleks candi yang terletak di atas bukit Gumuk Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman dengan ketinggian sekitar 410 mdpl. Dari keterangan ini terjawab, kata “Ijo” berasal dari nama bukit tempat candi ini berdiri.

Candi Ijo - 7 Spot Wisata Candi Tercantik di Yogyakarta

Panorama cantik nan megah mengelilingi bangunan candi Hindu ini. Saat memasuki pintu gerbang candi ini, Anda akan melihat ukiran berupa mulut raksasa berbadan naga. Kompleks candi ini juga memiliki 17 bangunan yang terdapat dalam 11 teras berundak. Bila Anda berlibur ke Yogyakarta, jangan sampai melewatkan kecantikan panorama dari candi-candi nan menawan ini. Pagi, siang, sore sampai malam, candi-candi ini punya daya tarik yang beragam di mata wisatawannya.

5. Candi Sambisari
Candi Sambisari yang berada di sekitar 12 km ke timur Kota Yogyakarta atau 4 km sebelum tiba di Candi Prambanan. Candi yang satu ini merupakan situs yang berada sekitar 6,5 meter di bawah tanah. Selain candi utama, pelancong juga bisa melihat 3 candi pendamping dan di bagian luar candi terdapat tembok dengan keliling 50 m x 48 m.

Candi Sambisari - 7 Spot Wisata Candi Tercantik di Yogyakarta

Fisik candi yang berada di dalam tanah, membuat Sambisari punya keunikan tersendiri. pelancong bisa masuk ke dalam dan menyusuri setiap detil candi yang awalnya terkubur di dalam tanah. konon, Candi Sambisari sudah dibangun antara tahun 812-838 M, jelas situs Temple of Indonesia.
6. Candi Plaosan
Candi Plaosan yang berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten ini menjadi salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta. Tidak hanya cantik dari bentuknya, Candi Plaosan terlihat semakin anggun saat matahari terbit. Mencari spot asyik menikmati sunrise di Yogyakarta, Candi Plaosan bisa jadi pilihan yang pas. Candi Buddha ini siap menampilkan siluet tercantik yang bermandikan sinar mentari pagi bisa membuat kagum siapapun yang melihatnya.

Candi Plaosan - 7 Spot Wisata Candi Tercantik di Yogyakarta

Candi Plaosan punya dua kompleks, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Relief atau ukiran yang berada di Plaosan Kidul menggambarkan tentang laki-laki sedangkan Plaosan Lor menggambarkan tentang wanita. Keistimewaan lain yang dimiliki Candi Plaosan yaitu, di bagian belakang candi ini terdapat pohon bodhi dan semacam altar yang dikelilingi patung Buddha. Altar ini masih digunakan untuk ritual keagamaan umat Buddha.

7. Candi Sewu
Bila melihat sekilas bentuk Candi Sewu hampir sama dengan Candi Prambanan. Namun, Candi Sewu merupakan candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur.

Candi Sewu - 7 Spot Wisata Candi Tercantik di Yogyakarta

Melihat dari namanya saja, Anda pasti mengira kompleks ini memiliki seribu candi. Tapi nyatanya, kompleks ini hanya memiliki sekitar 257 candi dengan satu candi utama, 8 candi pengapit, dan sisanya merupakan candi pewarta. Candi ini berada di lembah Prambanan yang membentang dari lereng selatan Gunung Merapi di utara sampai pegunungan Sewu di sekitar perbatasan Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Namun sayang, akibat gempa tahun 2006 Candi Sewu mengalami kerusakan. Meskipun begitu, candi ini tetap terlihat menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *